Advertisement

Main Ad

Seri Diskusi Girang: Mengisi Waktu Luang di Tengah Pandemi

 




Halo Sobat Girang, apa yang kamu lakukan selama pandemi Covid-19? Jika tidak memiliki kesibukan, yuk ikut webinar Seri Diskusi Girang! Sejak Juni 2020, Laboratorium Banten Girang berusaha beradaptasi dengan mengadakan webinar Seri Diskusi Girang bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten dan Biem.co. Acara ini digelar rutin setiap Senin, pukul 15.30 s.d. 17.30 WIB melalui aplikasi Zoom. 

Webinar Seri Diskusi Girang ini mencoba mengkhususkan diri mendiskusikan hasil-hasil kajian ilmiah terutama kajian-kajian tentang Banten baik terkait sejarah, sosial, budaya, politik, ekonomi, hukum dan lainnya dengan menghadirkan para pembicara yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Berikut ulasan singkat Seri Diskusi Girang #1 hingga #12:

Seri Diskusi Girang #1 digelar pada Senin, 15 Juni 2020. Dosen UIN Bandung, Bambang Q Anees, kami repotkan menjadi pembicara sekaligus mendiskusikan bukunya yang berjudul Menjadi Banten melalui aplikasi Google Meet. Sayangnya, diskusi pertama ini tidak memiliki rekaman visual. Meskipun begitu, Sobat Girang bisa membaca catatan diskusinya di Generasi Muda Jangan Demam Sejarah di website DPK Banten.


Seri Diskusi Girang #2 digelar pada Senin, 22 Juni 2020 melalui aplikasi Zoom. Dosen Universitas Serang Raya (Unsera), Dr. Abdul Malik, kami repotkan menjadi pembicara sekaligus membuka hasil penelitiannya mengenai Komunikasi Politik Masyarakat Adat Kasepuhan Banten Kidul. Webinar seri ke-2 ini melalui aplikasi Zoom. Sobat Girang bisa mengakses rekaman diskusinya melalui Youtube Channel Laboratorium Banten Girang.


Seri Diskusi Girang #3 digelar pada Senin, 29 Juni 2020 melalui aplikasi Zoom. Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Aliyth Prakarsa, kami minta memaparkan mengenai kearifan lokal Hukum Adat Baduy dalam diskusi bertajuk Di Lumbung Kita Menabung. Leuit Baduy: Sebuah Kearifan Lokal Hukum Adat Baduy. Rekaman Seri Diskusi Girang ke-3 ini bisa Sobat Girang akses di Youtube Channel Laboratorium Banten Girang.


Seri Diskusi Girang #4 digelar pada Senin, 6 Juli 2020 melalui aplikasi Zoom. Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Hudjolly, kami daulat untuk memaparkan Redefinisi Pancasila. Rekaman seri ke-4 ini bisa Sobat Girang akses di Youtube Channel Laboratorium Banten Girang.


Seri Diskusi Girang #5 digelar pada 13 Juli 2020 melalui aplikasi Zoom. Dosen UIN SMH Banten, Ade Jaya Suryani, kami repotkan dengan 'memaksa'-nya memaparkan disertasi di Universitas Leiden yang membahas mengenai Pindah Agamanya Orang-orang Baduy: Etnisitas dan Politik Keagamaan di Indonesia tahun 1977-2019.  Rekaman Seri Diskusi Girang ke-5 ini bisa Sobat Girang akses di Youtube Channel Laboratorium Banten Girang. Sementara catatan diskusi, bisa dibuka di Biem.co.

Seri Diskusi Girang #6 digelar pada Senin, 20 Juli 2020 melalui aplikasi Zoom. Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Dr. Moh. Ali Fadillah, kami repotkan dengan meminta beliau membahas Kontribusi Perempuan dalam Sejarah Banten.  Rekaman Seri Diskusi Girang ke-6 ini bisa Sobat Girang akses di Youtube Channel Laboratorium Banten Girang. Untuk catatan hasil diskusi, bisa diakses di Biem.co.

Seri Diskusi Girang #7 digelar pada Senin, 27 Juli 2020 melalui aplikasi Zoom. Pemerhati Adat Baduy, Uday Suhada, kami repotkan dengan memintanya membahas mengenai persoalan-persoalan masyarakat Baduy dalam tajuk Perubahan Sosial dan Keinginan Orang Kanekes. Rekaman Seri Diskusi Girang ke-7 ini bisa Sobat Girang Akses di Youtube Channel Laboratorium Banten Girang, sementara untuk catatan hasil diskusi, bisa diakses di Biem.co.

Seri Diskusi Girang #8 digelar pada Senin, 3 Agustus 2020 melalui aplikasi Zoom. Meskipun sibuk dan jauh di Betawi sana, Pemred Historia.id, Bonnie Triyana, kami minta membahas mengenai sejarah Banten melalui tajuk Revolusi Sosial di Banten. Bahan mengenai narasi dalam diskusi ini sebenarnya sudah banyak sekali. Menurut Ka Bonnie, narasi revolusi sosial di Banten menjadi menarik karena ada upaya menginterpretasikan ulang atas apa yang terjadi di Banten. Ada yang lebih menarik lagi karena hal ini selalu dikaitkan dengan konstelasi politik. 

Selengkapnya, Sobat Girang bisa simak pemaparannya di Youtube Channel Laboratorium Banten Girang.

Seri Diskusi Girang #9 digelar pada Senin, 10 Agustus 2020 melalui aplikasi Zoom. Dosen Arsitektur Universitas Indonesia, Mushab Abdu Asy Syahid, kami 'todong' untuk membahas mengenai Arsitektur Masjid dan Kota Serang Abad ke-19. Penelitian yang dilakukan Kang Mushab ini sangat menarik, Sobat Girang. Kita bisa melihat wajah Kota Serang zaman baheula. Rekaman Seri Diskusi Girang ke-9 ini bisa Sobat Girang akses di Youtube Channel Laboratorium Banten Girang. Sementara untuk catatan hasil diskusi bisa diakses di DPK Banten.

Seri Diskusi Girang #10

Seri Diskusi Girang #10 digelar pada Senin, 17 Agustus 2020 melalui aplikasi Zoom. Pada HUT RI ke-75 ini, kami membicarakan lingkungan bersama pembicara Direktur Eksekutif LSM Rekonvasi Bhumi, Nana Prayatna Rahadian, dalam tajuk Jasa Lingkungan di DAS Cidanau. Rekaman diskusi seri ke-10 ini bisa Sobat Girang akses di Youtube Channel Laboratorium Banten Girang.


Seri Diskusi Girang #11 digelar pada Senin, 24 Agustus 2020 melalui aplikasi Zoom. Kali ini kami membahas mengenai Cina Benteng. Peneliti di Jakarta Cultural Studies, Jenni Anggita, kami 'todong' untuk membuka penelitiannya mengenai tanah warisan keluarga Cina Benteng dalam tajuk Aku Cina Benteng: Problematika Tanah Warisan Keluarga. Kak Jennie menjelaskan, bila latar belakang penelitiannya ini tidak lain adalah identitas dirinya. Pencariannya ini kemudian menemukan titik terang dari cerita keluarganya mengenai harta warisan berupa tanah.



Seri Diskusi Girang #12 digelar pada Senin, 31 Agustus 2020 melalui aplikasi Zoom. Dosen Univeritas Sultan Ageng Tirtayasa, Siti Suharsih, kami minta membuka penelitiannya mengenai Bahasa Jawa di Banten dalam tajuk Menakar Bahasa Jawa Serang Hari Ini. Catatan hasil diskusi, silakan sobat girang baca di Biem.co.

Hmm, Seri Diskusi Girang #13 akan membahas apa, ya? Yuk pantengin Instagram @seridiskusigirang dan @lab.bantengirang. Jangan lupa Subscribed Youtube Channel Laboratorium Banten Girang.



Post a Comment

0 Comments