Pertemuan Kedua Dalam Kepala Latif


Oleh: Latifudin A.

Hari ini (23/12/2016) adalah pertemuan kedua pada kelas Laboratorium Banten Girang. Hari ini sang pemateri, Peri Sandi Huizche, membahas tentang Aktor dan Siapa Aktor?. Pada pertemuan kedua ini saya lebih banyak mengenal dunia keaktoran. Saya seakan terbawa ke dalam dunia keaktoran dan mencoba menelaah tentang apa dan siapa itu aktor. Pada awalnya, saya agak sulit untuk memahami tentang penjelasan Kang Peri. Setelah saya mencoba berpikir kembali lebih dalam lagi, saya seakan menemukan benih ilmu yang sangat penting dalam hidup saya.

Akhirnya, saya pun mengerti bahwa dalam dunia keaktoran itu bukan hanya kita yang memperagakan diri kita dalam pementasan saja, tetapi kita harus mengetahui pula asal usul dalam peran tersebut. Seperti peran kakek-kakek atau nenek-nenek, tidak keseluruhan yang berarti kakek atau nenek itu memegang tongkat lalu berjalan bongkok dan berbicara dengan terbata-bata, ada pula kakek atau nenek yang berjalan tegak.

Selain itu, kita juga harus memahami apakah yang kita perankan itu seorang kakek-kakek yang mempunyai peran atau pekerjaan apa dalam cerita? Seorang petanikah atau seorang nelayankah, sehingga asal dalam peran tersebut menjadi jelas dan tidak menjadi umum.

Pada dasarnya aktor bukan hanya sekedar pemain yang hanya dapat memerankan dalam cerita, tetapi seorang aktor pun harus memahami lebih dalam dari apa yang ada dalam cerita sehingga seorang aktor akan membuat sempurna jalan cerita tersebut. Pada pembahasan inilah saya mndapatkan benih pengetahuan tentang dunia keaktoran yang dapat saya ambil, dan saya pelajari.


Dan pada pembahasan ini pula yang membuat saya tertarik untuk mempelajari lebih dalam lagi tentang dunia keaktoran hingga saya tidak sabar untuk mendapatkan pembahasan kembali dari sang pemateri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar